Kamis, 14 Agustus 2008

Ayoo Latihaaaan !!!!

Assalamu’alaikum

Apa kabar semua? Semoga sehat ya. Kali ini Awan mencoba berbagi tips-tips cantik kepada rekan-rekan semua. Tentu saja dalam ber-nasyid donk. Proses, dalam melakukan sesuatu itu selalu ada proses sebelum menuju kesuksesan. Dalam segala hal itu ada proses, Allah SWT pun telah menunjukkannya kepada kita melalui penciptaan langit dan bumi beserta isinya dalam waktu 3 hari. Dalam bernasyid pun ada proses yang terjadi di dalamnya sebelum sebuah tim nasyid itu dapat tampil dengan baik. Salah satu proses tersebut adalah ‘LATIHAN’. Latihan disini adalah berlatih dalam membentuk kebersamaan dan perpaduan dalam sebuah tim nasyid. Dalam latihan ini juga ada prosesnya agar latihan yang dilaksanakan tidak sia-sia dan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Latihan dalam bernasyid sendiri ada beberapa bagian diantaranya; persiapan latihan, tehnik vocal, olah mic (tehnik menggunakan microphone), tehnik performance, tehnik koreografi (gerak) dan penguasaan panggung. Dalam tulisan kali ini, akan Awan jabarkan bagaimana memulai sebuah latihan yang baik dan benar, yang diharapkan juga bisa membawa manfaat dan insyaallah mendapatkan ridho dari Allah SWT. Amiin

  1. Yang pertama dan utama adalah datang tepat waktu. Menjaga disiplin sangatlah penting.

  2. Sebelum memulai latihan alangkah lebih baik setiap anggota ber-wudhu terlebih dahulu.

  3. Kemudian dibuka oleh salah satu anggota dengan membaca basmalah bersama-sama.

  4. Kemudian membaca ayat suci Al-Qur’an beserta artinya agar dapat lebih mudah dipahami. Hal ini dimaksudkan karena belum tentu semua anggota paham bahasa arab dan tahu artinya.

  5. Alangkah lebih baik jika ada yang memberikan taujih/ceramah. Hal ini bertujuan untuk menambah pengetahuan anggota tentang Islam.

  6. Setelah taujih, bisa dimulai dengan sharing terlebih dahulu untuk melatih keterbukaan dan kebersamaan. Hal ini penting, agar ketika dimulai latihan pemahaman seluruh anggota menjadi satu.

  7. Memulai latihan.

Demikianlah proses sebelum memulai latihan dalam bernasyid, setidaknya dasar yang insyaAllah Awan lakukan. Ada yang perlu diingat dalam proses latihan.

  1. Dalam proses latihan, tentu tidak dapat dihindarkan adanya canda tawa yang terjadi, ingatlah agar tidak terlalu berlebih-lebihan. Karena sikap berlebih-lebihan itu dibenci oleh Allah SWT.

  2. Bersikap serius tapi santai, agar tidak terlalu menganggap remeh setiap latihan yang dilakukan.

  3. Niatkan latihan karena Allah SWT, bukan karena paksaan atau apapun agar semangat yang ditampilkan lebih membara.

  4. Disiplin waktu.

  5. Bersikap rendah hati agar ketika salah dan dikritik oleh rekan se-tim, tidak langsung emosi atau panas.

  6. Ketika sudah memasuki proses latihan, usahakan agar lebih berkonsentrasi pada latihan yang dilakukan, supaya tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

Demikianlah tips-tips yang bisa Awan berikan, semoga dapat membantu latihan tim teman-teman semua. InsyaAllah tulisan selanjutnya akan membahas proses latihan yang lainnya. Amiiin. Wassalamu’alaikum

0 komentar: